Kejutan Oky


Kejutan Oky

“ Cari Mas Oky ya, Mbak ?, “ tanya Noni yang tiba-tiba muncul dari balik pintu timur auditorium.
“ Hm, nggak tuh… , “ jawabku sekenanya . Noni mangut-mangut…
“ … yakin Mbak, nggak cari Mas Oky…? “ kejarnya lagi… aneh juga nih anak…
“ …Iya , nggak nyari dia, tepatnya memang tidak sedang mencari siapa-siapa, memangnya kenapa…? “ tanyaku dengan nada sedikit penasaran… Noni cengar-cengir sesaat…
“ Nggak kenapa-napa sih, Mbak…Cuma perasaan, dari tadi setiap yang datang kesini selaluuuuu yang dicari Mas Oky , jadi kali-kali aja Mbak kesini buat nyari Mas Oky juga… “ jawab si mungil sambil malu hati karena udah ngotot nuduh-nuduh seniornya.
Pfuiff, Oky lagi Oky lagi… kali ini hutang apa lagi tuh anak…
Tiba-tiba…
“ Eh, hei Wi… Assalamu’alaikum, … plis Wi, bantuin ane… plis plis… plis banget ya…!!! “ Oky kembali mengatur nafasnya yang semula naik turun tak karuan…
“ Wi, ane butuh pinjaman uang… ga banyak kok… cuma sejuta…”, sejuta…? Ga banyak…? Kali ini untuk apa lagi … ?, bukannya tiga hari yang lalu baru selesai melunasi hutangnya yang lima ratus ribu padaku…
“ Buat apa sih,Ky… ?”, tanyaku penasaran…
“ Ada deh… yang pasti kamu ga’ akan ketinggalan aku undang kalau persiapannya udah beres…”, jawabnya misterius…
“ …kok gitu sih jawabannya… aku kan sohibmu Ky, kalau ada apa-apa sama kamu setidaknya kan aku bisa membantu…”, balasku tersinggung dengan jawabannya yang sok misterius…
“ …nah itu dia, aku butuh bantuanmu untuk minjami aku uang satu juta, insya Allah akhir bulan ini segera aku lunasi… tapi kalau kamu ga’ keberatan awal bulan depan aja,ya…he he he…”, huh… sebel, masih sempat ngajak becanda lagi…
“ Aku ga’ bawa uangnya sekarang… kalau emang darurat banget, kamu aja yang ambil sendiri di ATM depan… nih ambil, kamu masih ingat pin nya kan…!”, aku menyodorkan kartu ATM_ku yang emang sudah rada lusuh lantaran sering berpindah tangan.
“ Oke, Syukran Jiddan ya Ukh…pasti kukabari… tapi ga sekarang … jangan manyun gitu dong…”, dia pun berlalu seraya mengucapkan salam buat semua yang ada di ruangan…
Selalu begitu… infirodhi… suka kerja sendiri… kalau udah terjadi apa-apa baru deh kelimpungan… Bundanya, Tante Dini juga sering mengeluh kok bisa-bisanya punya anak yang doyan bikin kejutan kaya’ Oky… kalo kejutannya selalu happy ending sih, oke-oke aja… tapi kalo rada nyeleneh dan berujung prahara, uiiihh… tuh anak emang yang paling bisa…!!!
Well, aku dan Oky emang teman lama… sangat lama bahkan basi banget karena kami sudah berteman sejak masih orok… tuh, keren kan…!!! Ga ada yang mau ngaku ini ide siapa… ketika dua bersahabat Tante Dini dan Mamaku kompakan melahirkan di hari dan rumah sakit yang sama. Emang sih, si Oky menang dua puluh menit dari aku soal siapa duluan yang bikin heboh ruangan persalinan dengan jeritan kita, tapi semua orang yang kenal kami percaya kalo Oky tuh jauuuuuh lebih panjang masa kanak-kanaknya dari pada aku… Ya, itu karena dia childish banget… kolokan lagi… sama aku yang anak tetangga aja dia kolokan… apa lagi sama ortu nya…!!!, dan celakanya saudara-saudara… setelah melahirkan Oky, Tante Dini terserang kanker rahim dan ga’ bisa melahirkan lagi. Peranakannya terpaksa harus diangkat untuk menyelamatkan jiwanya… eng ing eng : jadilah Aerioky Fairish Prasetyo satu-satunya anak laki-laki paling ajaib koleksian Tante Dini… tanpa saingan dan ga’ akan tersaingi… aih, amit-amit banget nyaingin dia…
Hik, Sory Ky… aku ga’ bermaksud ngejelek-jelekin kamu… walau sejujurnya kamu emang rada aneh dibanding cowok-cowok lain. Well, bagaimanapun juga sekarang kamu udah hijrah en bertekad jadi cowok sholeh yang dicintai Allah, Rasul dan orang-orang beriman … teguh dengan komitmen dan semangat juang menegakkan nilai-nilai kebenaran di muka bumi… maafin aku karena emang suka rada rese’ sama kamu… mungkin karena kita udah begitu lama sohiban … jadi ga’ cuma yang baik-baiknya aja tentang kamu yang kutau, tapi yang amburadulnya juga aku sudah hapal… he he he…
Gimana ga’ childish coba, kalo setiap kali sakit minta dikelonin bobo’nya… gimana ga’ di bilang kolokan, kalau sampe sekarang masih sering makan disuapin Bunda… alasannya sih ga’ sempat ngambil makan sendiri… , bukan itu aja… beli baju aja mesti bareng bokap atau nyokap… ga’ pernah bisa belanja sendiri… dulu-dulu sih sebelum jadi akhwat begini, aku oke-oke aja nemeni dia ke mall dengan imbalan ditraktir makan di resto atau kalau ga’ , ya nonton film baru di biokop… sekarang sih ogah… kaya’nya ga’ bakalan nolongin ke syurga deh kalo sekedar nemani bocah gede manja pergi belanja… tapi senengnya Oky tuh ga pelit-pelit amat, ga jarang lho aku nerima kado kejutan, namanya kejutan ya waktunya ga disangka-sangka… tapi sebelnya isinya itu yang suka nyeleneh en kadang ga sesuai kebutuhan… udah tau orang lagi program diet, eh malah dihadiahi tobleron… ga’ ku ku kan…(alasan dia sih, karena program dietku udah kelewat kejam), trus udah tau kalo aku paling alergi berat sama yang namanya puisi or sastra-sastra yang njelimet githu, eh dia malah dengan pedenya ngasih aku rekaman baca puisinya yang katanya menang lomba di kecamatan … ga manfaat banget kan…??? (kalo ini, alasannya karena ga baik kalo kita ga suka sastra, sastra itu kan bisa bikin lembut hati, Al_Quran aja sastranya tingkat tinggi) belum lagi pita rambut saat aku cepak (dia bilang,cewek cepak itu ga manis, huh sok kegantengan…) , atau buku diary padahal dia tahu aku benci nulis-nulis (menurut dia, menulis itu baik, untuk mengasah kepekaan jiwa dan mendokumentasikan berbagai peristiwa) … dan masih banyak lagi yang kutumpuk di kardus gudang belakang atau kusedekahin pada orang-orang yang lebih membutuhkan, seperti Mas Jody dan Mbak Dyan, dua kakakku yang hepi banget kala ketiban limpahan…
Waktu sekolah dulu, Oky pernah ngidupin petasan pas upacara bendera dengan alasan kado kejutan buat Pak Charles, Kasek yang ternyata ultah hari itu…, dia juga pernah memberi parsel berisikan lemon yang gede-gede buat Bu Nunung yang udah ngasi dia nilai sembilan untuk matematika, kenapa lemon…? Rupanya dia baru baca tips melangsingkan tubuh di majalah wanita, dan lemon hadiah yang tepat buat Bu Nunung yang gembrot, fikirnya… Tarisa, gadis model yang kebetulan sekelas dengan kami pun tak luput dari tingkah nyelenehnya…, dia pernah dapat hadiah frame yang cantik banget tapi di dalamnya ada badut berpose sok culun… terang aja Tarisa ngamuk, apa maksudnya ngasih do’I kado kaya‘ gitu…???, selain itu dia juga pernah mengorganisir anak-anak dengan predikat jawara lima besar dari tiap-tiap kelas untuk membentuk studyclub yang efektif membantu teman-teman yang rada ketinggalan pelajaran di luar jam sekolah. Tanpa dikira-kira dia malah menjadikan kesempatan itus sebagai medan persaingan untuk para bintang-bintang kelas tadi. Persaingan dalam berbuat kebaikan, mengajar dengan sabar dan bersemangat membagi ilmu yang dimiliki. Kepala sekolah salut sekali dengan idenya dan kalau tidak salah, tradisi yang dia inisiasi itu masih berlaku sampe sekarang.
Hya, itulah Oky… sohibku yang penuh dengan kejutan-kejutan…mungkin dia ga pernah bermaksud nyeleneh saat memberikan kejutan, hanya saja niat baiknya itu sering agak kurang pas waktunya atau emang kitanya aja yang ga peka dengan maksud kejutan yang dia buat. Btw, tetap ga seharusnya aku ngata-ngatain Oky… Afwan jiddan githu low.. !

“ Huk…huk… Assalamu’alaikum Wi…Oky, Wi… Oky…“, tiba-tiba Rere muncul sambil berlarian kearahku. Mulutnya komat-kamit sembari terengah-engah menstabilkan kembali pernafasannya. Wajahnya memerah, keringat bercucuran membasahi jilbab kaosnya.
“ …wa’alaikum salam… tenang Re, tarik nafas dalam-dalam deh… nih minum dulu…”, aku menyodorkan botol minum yang selalu kubawa kemana-mana dari dalam tasku. Rere meminumnya hingga habis… tarikan nafasnya perlahan kembali normal. Beberapa helai tisu telah basah dan terkulai pasrah dalam genggamannya…
“ …ada apa sih Re, ada apa dengan Oky…? “, tanyaku penasaran, setelah kondisi Rere telah menunjukkan tanda-tanda stabil.
“ Oky dikeroyok sama anak-anak Genk Sambal… “, Genk Sambal ? kok bisa…?
“ Ah masa sih Re…? emangnya si Oky cari gara-gara apa sama mereka ?, trus gimana ceritanya dia bisa jadi martabak telur eh babak belur gitu…? nah sekarang dia dimana…? Udah dilarikan ke klinik belum…? Butuh bantuan darah…? Golongannya masih AB kan…? Bundanya sudah dikash tahu …? Sekarang dia dalam keadaan sadar atau pingsan Re…? Duh, parah banget ya…? Berapa orang sih yang ngeroyok tuh anak…? Masa bisa kalah sih…? kan sudah sabuk hitam…!, payah nih si Oky… tapi dia ga ada niat balas dendam kan…?, tadi siapa aja yang nemeni dia berantem…? ga sendirian kan …?, aduh pasti berdarah-darah deh tuh… anak-anak Genk Sambal bawa senjata tajam ga…? Ga ada yang sampe game over githu kan…?…... “
“ Stop stop stop… kamu gimana sih Wi… nanyanya satu-satu dong… jangan maen berondong gitu… aku kan bukan terdakwa kasus korupsi milyaran rupiah… Ya sudah, sekarang kita sama-sama ke Klinik Nusa Indah… syukurnya saat kejadian ada Ridwan dan Jefry yang melihat dan melarikan Oky ke sana…”, Rere pun langsung menggelandang aku ikut dengannya menuju Klinik Nusa Indah yang tak begitu jauh dari komplek dosen di lingkungan sekitar kampusku.
Ruangan sederhana yang biasanya lengang itu kali ini tampak hiruk pikuk oleh anak-anak musholla kampus yang telah lebih dulu datang ke klinik. Ada Johan, Heru, Yudi, Amar dan tak ketinggalan Ridwan plus Jefry yang sudah nolongin Oky dari kroyokan anak-anak Genk Sambal.
“ Harap tenang ya Saudara-saudara, pasien perlu istirahat…sebaiknya jangan terlalu ramai yang menjenguk, gimana kalau gantian aja ntar sore… lagian sekarang pasiennya juga belum siuman…”, Zuster Anita dengan sabar memperingatkan anak-anak yang masih heboh membicarakan kronologis kejadian tak menyenangkan itu.
“ Iya, maaf Zuster, kita balik ke musholla aja dulu lagian sudah ada yang gantiin kita-kita nungguin Oky “, Johan angkat bicara mewakili anak-anak yang lain sambil pasang isyarat ke arahku yang dia maksud datang menggantikan mereka menjaga Oky. Anak–anak bersiap akan meninggalkan ruang klinik, sebelum benar-benar cabut aku menahan Ridwan dan Jefry buat nyeritain semuanya dengan komplit. Aku benar-benar penasaran nee…
“ Afwan Wi, sebelum colaps Oky keburu berpesan…kalau penyebab peristiwa ini tolong dirahasiakan dari siapa pun termasuk kamu… itu pula sebabnya Oky melarang kami menghubungi orang tuanya untuk memberitahukan tentang accident ini… “, Jefry coba menjelaskan… Bah, pake maen rahasia-rahasiaan lagi… nih anak emang ga ada kapok-kapoknya bikin masalah…
“ Iya,Wi… kita terlanjur udah janji sama Oky… kalau kamu emang penasaran, tunggu aja sampe dia sadar en cerita sendiri… kita udah terikat janji…”, timpal Ridwan menguatkan alasan Jefry.
“ Ya, sudah… biar Tiwi tunggu sampe Okynya sadar aja… jazakumullah ya…! “, aku pilih mengalah dan merelakan kepergian Jefry dan Ridwan yang sudah menolak berbagi cerita tentang musibah yang menimpa Oky padaku…
Ugh, plis deh Ky… kenapa sih harus pake acara bonyok-bonyokan begini segala…
Aku duduk lemas di samping ranjang klinik, di dekatku ada Rere yang mulai sibuk dengan hafalan haditsnya. Bekas-bekas pukulan tampak jelas pada pipi kanan Oky sedang pada sudut bibirnya yang pecah masih sesekali menitikkan darah. Lengan kemejanya juga robek. Ups ini kan kemeja yang jarang dipakai Oky… biasanya dia baru akan menggunakan kemeja ini pada momen-momen spesial seperti saat diundang pada ulang tahun perkawinan mama dan papaku bulan lalu. Lantas kenapa hari ini dia mengenakan setelan istimewa ini...? pake digebukin segala lagi… ada apa sih sebenarnya…?
Setelah satu setengah jam terkantuk-kantuk di sisi ranjangnya, Oky baru menunjukkan tanda-tanda siuman… matanya yang lebam perlahan-perlahan terbuka sedikit… mulutnya mulai komat-kamit ga jelas, sepertinya dia kesulitan bicara karena sudut-sudut bibirnya yang pecah tampak sangat perih…
“ Udah deh Ky, jangan ngomong apa-apa dulu… kamu istirahat aja yang banyak … biar lekas sembuh dan secepat mungkin kembali ke rumah, aku khawatir diteror sama Bunda kamu, ditanya-tanya seputar kamu yang ogah banget untuk aku jawab .”, Sebetulnya dibalik kekesalanku melihat jasad saudaraku yang sudah lecek ini ada juga rasa iba… gimana nggak, Oky kan selama ini terkenal baik dengan siapa aja… termasuk Genk Sambal, dia benar-benar bukan tipe yang suka nantang-nantangin berantem, tapi kenapa coba… kejadian seperti hari ini bisa terjadi. Ah,Oky…
Genk Sambal memang terkenal barbar, sebetulnya beberapa diantara mereka adalah kakak-kakak tingkat kami yang sudah di DO. Aktivitas dulunya sih ngeband, tapi karena ga pernah menang festival satu kali pun personil Geng Sambal satu persatu mulai menunjukkan gejala stress. Liat aja penampilan mereka yang primitif banget… harusnya mereka ke laut… jadi bajak laut githu… karena kalo di darat, benar-benar salah habitat. Tapi sebenarnya anak-anak Genk Sambal secara perseorangan ga’ horor-horor amat. Mereka respek kok sama anak-anak Musholla, apalagi Oky yang suka ngasih jatah kue lebih sisa acara-acara ke mereka. Lantas, kenapa hari ini jadi beringas…? Apa giliran Oky yang ngotot ngambil kue mereka sementara mereka ga sudi ngasih…? Aih, bukan Oky banget githu low… Aku masih bengong di sisi Oky, jujur aku penasaran dan gemes banget pengen ngorek informasi yang sahih dari mulutnya, tapi tentu aja aku ga tega maksain sudut-sudut bibir yang pecah itu buat komat-kamit nyeritain detail kejadian yang sebenarnya. Oky juga tampak serba salah, kentara kalau dia pengen ngomong sesuatu, tapi ga kuat…
“ Kasih kertas sama pensil aja,Wi…”, Rere menggoyang-goyangkan tas punggungku.
“ …tapi tangannya kan juga cedera,Re…”, jawabku dengan nada kasihan… di luar dugaan Oky mengangguk…
“ coba aja dulu…”, pintanya lirih… namun tiba-tiba dari luar kamar terdengar suara gaduh. Aku urung mengeluarkan pensil dari tasku… Rere bergegas melihat apa yang terjadi. Aku meneruskan kembali mengambil kertas dan pensil untuk Oky…
“ … Gawat,Wi… Geng Sambal nyerbu kemari…!!! “, wajah Rere mendadak pucat… jelas-jelas panik dengan apa yang baru dilihatnya di luar. Bulu kudukku merinding… kertas dan pensil ditanganku jatuh seketika… hiiii syereeeem… so gimana neee… pada saat aku masih sibuk dengan kebingunganku, Bang Jali_ Master Genk Sambal tiba-tiba saja menerobos masuk ke ruangan. He, jangan dikira aku takut ya… masa mujahidah takut sama beginian… ga level, gemuruh genderang perang membahana di kepalaku… Aku sudah akan bersiap-siap melindungi Oky, sedang makhluk yang akan kulindungi ini tampak kalem-kalem saja, bahkan tersenyum menyambut Bang Jali. Subhanalloh… benar-benar mental mujahid sejati, mau mati aja masih pake senyum-senyum segala ke algojo Sambal_ sang eksekutor.
“ Eh,Ky… keadaan lu gimana… ya amplop sampe bonyok githu dikerjain Lontong ame Lupis “, dua staf Bang Jali yang punya nama asli Lilo Susanto dan Dudung Lubis.
“ gue denger Pete ame Terasi ikutan juga ya…”, sambarnya sok ngakrab. Terang aja aku jadi bengong… Pete…? Terasi…? Kaya’nya anggota baru deh, aku ga kenal tuh…! Oky masih tersenyum ramah…
“ Lu pasti payah ngomong ya… ya udah kagak usah ngomong… gue sama anak-anak kesini asli cuma pengen minta maap ame elu… Lontong, Lupis, Pete dan Terasi udah gue nasehatin tentang penting dan manfaatnya disunat… sekarang mereka udah pada mau kok…”, Ha…belom disunat…?
“ bai de wei, dengan kejadian ini lu ga lantas berubah pikiran buat nyiapin acara sunatan massal untuk anak-anak kampus kita kan, Ky…? “, tanya Bang Jali dengan ekspresi penuh harap. Oky menggeleng sambil tetap tersenyum manis…
“ Siiip, soalnya gue mau nitip adek bungsu gue yang juga belon disunat… boleh ya Ky…itung-itung sebagai imbalan gue udah nolongin lu mujukin anak-anak buah gue yang belum sunat biar mau ikutan acara sunatan massal anak-anak musholla…boleh ya Ky…”, pintanya memelas. Kali ini Oky mengangguk tanpa sedetik pun wajah itu lelah untuk memberikan senyuman…
“ Lu emang sohib gue Ky…!, sekarang gue dan anak-anak cabut dulu ye… kasian mereka udah nunggu lama di luar… sebenarnya sih mau gue ajak masuk, tapi dilarang ama Zuster Anita… alasannya sih bau badan kite yang katenye rada-rada pait bisa bikin lu pingsan lagi… ade-ade aja tuh Zuster… tapi ga masalah lah… lagian mereka ga keberatan kok ditemeni Zuster Anita di ruang tunggu… mereka titip salam buat lu… nah, gue sekarang cabut dulu,ye Ky… semoge cepat sembuh… biaye berobatnye lu yang tanggung dulu ye… Kas Geng Sambal lagi payah nee… ga papa kan… dah ya, Assalamu’alaikum…”, setelah berpamitan pada aku dan Rere, Bang Jali pun cabut beserta kru-kru yang emang bau badannya pahit selangit . Oky bilang sih mereka pada rajin mandi di empang dekat laboratorium belakang, tapi soal ganti baju… itu yang amat dengan sangat meragukan… weleh-weleh…
Kami sama-sama terdiam di ruangan Oky, bermacam-macam fikiran bermain di kepalaku… seberkas perasaan penasaran dan kesal di hati perlahan melayang pergi, meninggalkan rasa bangga dan salut pada seorang sahabat kecil bernama Oky…
Oky… Oky… sunatan massal tho…bo’ ya bilang-bilang githu loch…
(Pontianak,31 Maret 2005)



1 komentar:

Ayka Bunda Azka mengatakan...

nih dia salah satu cerpen favorit bunda...

ditulis beberapa tahun yang lalu saat sedang seru2nya membina adik2 mentoring yang sedang aktif2nya di Ulul Albab...

Uuuuuh, I miss that time... after all...

Design by Blogger Templates